Wisata Kuliner Santap Malam Yang Menarik Ala Sajian Nusantara

Wisata Kuliner Santap Malam Yang Menarik Ala Sajian Nusantara

Di kota Hongkong, menyantap makanan bukanlah merupakan kebiasaan dilakukan pada tempat – tempat terbaik, melainkan haruslah bercita rasa lezat. Anda juga harus bisa memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk bisa menikmati hidangan yang anda suka, adalah bagian dari pengalaman budaya paling menarik terutama yang erat kaitannya dengan wisata kuliner.

Pada beberapa tempat wisata di dunia, cuaca panas menjadi penyebab munculnya pasar malam, terutama di wilayah selatan Cina dan Hongkong, iklim tropis merupakan salah satu faktor utama wisata kuliner tengah malam menjadi populer dikalangan para wisatawan. Faktor lainnya adalah kesibukan kota yang berlangsung 24 jam tiada henti, membuat beberapa restoran malam selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai negara bahkan penduduk asli pun suka, sehingga menjadi pemicu masyarakatnya senang bekerja hingga larut malam.

Menikmati makan malam untuk mendapatkan kesempatan menyantap hidangan lezat penggugah selera makan sebenarnya tidak hanya ramai dibicarakan di kawasan wisata kuliner Hongkong saja, karena apapun alasannya, bisa anda lakukan dimana saja termasuk Indonesia khususnya di pulau Dewata. Seperti anda dapat mengunjungi hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Perpaduan kemewahan hidangan Eropa dan Cina dalam nuansa koki professional Bali mampu menciptakan hidangan menarik yang bisa anda nikmati sehingga mampu menyemarakkan liburan anda di Bali.

Apa saja yang bisa anda pesan ketika jalan – jalan pada waktu malam hari saat anda berlibur di Indonesia ? Dirangkum dari berbagai sumber, kami berikan informasi singkat tersebut di bawah ini :

1). Warung Ceu Mar. Tempat wisata kuliner malam yang satu ini terletak di jalan Banceuy, tepatnya berlokasi sebelum belokan ke arah kiri jalan Braga Bandung. Mulai beroperasional dari jam 18.00 sore hari dan tutup pukul 04.00 dini hari.

Keistimewaan dari warung ini adalah menyediakan menu makanan khas Sunda yang dijamin berasa sangat lezat. Tehnik penyajian makanan ini adalah dengan cara prasmanan, sehingga anda bebas memilih menu – menu favorit untuk menghilangkan lapar di tengah malam dengan udara dingin menusuk kulit di kota Bandung.

Menu andalan yang paling laris adalah gule daging sapi yang gurih, sangat empuk dengan rasa kuahnya yang ramai akan bumbu rempah Nusantara, berasa pedas dan nikmat, cocok disantap bersama dengan sepiring nasi putih hangat. Menu lainnya yang ringan untuk anda cicipi adalah tempe, tahu, bala - bala atau bakwan, telur, ayam serta aneka masakan olahan lainnya seperti oseng, usus, babat serta semur jengkol. Harga yang ditawarkan sesuai dengan kelezatan dari setiap masakan yang disajikan kepada para pelanggan, tidak terlalu mahal sehingga cocok buat pelancong  yang  berstatus pelajar atau mahasiswa. Satu  porsi  berkisar  antara  Rp. 12.000, - ke atas dengan batas maksimum Rp. 100.000,-

2). Pada umumnya beberapa kafe dan restoran di Ubud menyajikan cocktail dan mocktail yang menarik seperti di dalam resto hotel dan club - club malam yang ada di kawasan Kuta. Menu yang dapat anda coba adalah menu makan malam seafood ala Bali dan makanan khas Eropa. Yang paling populer adalah sate lilit ikan laut, pizza Italia, sandwich bacon beef, fried chicken, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu restoran yang cukup populer diantara bule – bule yang berkunjung ke kawasan wisata desa adat Ubud adalah Semu Jaen dan Resto berlokasi sangat strategis di pinggir jalan raya utama yang berdekatan dengan obyek wisata Monkey Forest dan Museum Blanco. Kawasan Ubud benar - benar merupakan sebuah tempat berekreasi yang paling populer di Indonesia akan cita rasa kuliner yang sangat menggugah selera makan anda sehingga tepat dijadikan tujuan wisata menghabiskan akhir pekan. Jika anda berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk makan malam di Jaen Resto dan Bar atau tempat makan malam lainnya di samping anda bisa berjalan - jalan menikmati sawah - sawah yang asri dan objek wisata lainnya di Ubud.

3). G – Walk. Jika sekali waktu anda ingin menghabiskan malam minggu dengan menikmati wisata kuliner, kota Surabaya memiliki sebuah tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan anda tersebut yaitu di G – Walk. Terletak di dalam kompleks Citraland Surabaya, tempat ini memiliki konsep food court terlengkap yang berada di luar ruangan. Di sini banyak tersedia panganan khas Nusantara yang sangat lezat seperti hidangan Surabaya asli yaitu salah satunya adalah lontong balap (terbuat dari bahan lontong yang dibungkus daun pisang), tahu goreng dan letho. Sajian ini semakin mantap dilengkapi dengan sayur tauge yang direbus hingga setengah matang dan diberi kuah. Tambahkan kecap, sambal dan bawang goreng sehingga membuat makanan ini nikmat disantap pada waktu malam hari. Biasanya, orang Surabaya asli mengkonsumsi makanan ini bersama dengan sate kerang pedas. Jika anda sedang beruntung, dapat menyaksikan beberapa atraksi menarik yang sering digelar di sini, seperti G - Walk Festival, Fashion on the Street, dan lain - lain. Rata – rata harga makanan dibandrol mulai dari Rp. 2000,- hingga Rp. 50.000,-

4). Sekitar Pecenongan, Sabang, Bendungan Hilir dan Blok M, Jakarta. Kawasan ini sejak jaman dulu dikenal sebagai kawasan kuliner malam dan menyuguhkan beragam macam makanan. Pada umumnya dijual melalui warung – warung tenda di sepanjang kawasan ini. Buka mulai pukul 17.00 hingga pagi dini hari, berbagai menu Nusantara, masakan Eropa dan Jepang serta Chinese Food dengan mudah dijumpai di kawasan ini. Mulai dari nasi goreng kambing, sea food, Chinese food dan sate. Ada pula martabak Pecenongan yang terkenal lezat dan berasa gurih. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp.10 ribu hingga Rp.120 ribu. Sedangkan beberapa restoran elit di kawasan ini mengandalkan sajian menu utama berupa bubur seperti bubur kepiting atau dikenal dengan nama bubur Kwang Tung dengan cakue berkisar antara Rp. 40 ribu hingga Rp. 50 ribu.

5). Sop Buntut Alegro. Menikmati sop buntut yang wangi, pedas dan lezat di Alegro KTV kota Medan, sambil bernyanyi dengan teman atau keluarga tercinta dengan lagu – lagu pilihan saat berkaraoke merupakan wisata kuliner malam yang patut untuk anda coba. Alegro terletak di gedung forum nine lantai 5 jalan Imam Bonjol.

Itulah 5 tempat wisata kuliner pada waktu malam hari yang cukup populer di Indonesia dan selalu menjadi buruan penikmat wisata kuliner di malam hari. Anda juga bisa mencobanya suatu hari nanti.

Sumber photo : sebandung.com