Objek Pariwisata Menarik di Bedugul Tabanan Bali Indonesia

Objek Pariwisata Menarik di Bedugul Tabanan Bali Indonesia

Wisata Bali sangat terkenal akan keindahan pantai - pantainya (seperti pantai Kuta, pantai Dreamland, pantai Lovina dan pantai Tanjung Benoa), juga lokasi - lokasi wisata lain yang tidak jauh dari keindahan pantai seperti candi atau pura Tanah Lot, pura Uluwatu dan candi – candi GWK sehingga tidak mengherankan rasanya jika pulau Bali terkenal sebagai salah satu lokasi wisata yang memiliki udara beragam dari dingin, sejuk dan hangat.

Namun apakah anda mengetahui bahwa Bali juga menawarkan lokasi wisata pegunungan yang sangat mempesona karena kesejukan udara, kesunyian alam dan keindahannya yang tidak kalah dengan lokasi wisata pantai dan candi atau pura – pura.

Salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk anda kunjungi selama empat hari berlibur di pulau Bali adalah Bedugul, merupakan salah satu lokasi wisata pegunungan di Bali yang sayang untuk dilewati begitu saja, wajib anda kunjungi dimana tempat ini adalah dataran tinggi yang selalu diselimuti kabut dan berhawa sangat dingin. Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan, berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional (Airport) Ngurah Rai, Denpasar.

Di bawah ini akan direkomendasikan empat tempat menarik yang wajib anda kunjungi selama berlibur ke pulau Dewata khususnya objek wisata Bedugul :

1). Danau Beratan. Danau ini terletak di kawasan wisata Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Berada di jalur jalan raya utama provinsi Bali yang menghubungkan antara kota Denpasar – Singaraja. Danau Beratan memiliki cuaca sangat sejuk di siang hari dan begitu dingin di malam hari, membuat anda merasa betah dan nyaman menikmati liburan dengan pemandangan cantik di sekeliling danau Beratan. Salah satu atraksi yang paling menarik para pelancong yang berkunjung kesini adalah menyewa kapal boot dan sampan untuk keliling danau. Sangat tepat bagi anda dan keluarga atau bersama pasangan tercinta untuk menghirup udara sejuk dan segar danau serta menikmati keindahan alam, air yang bening, ikan – ikan danau dengan jinak berenang di dalamnya, hutan – hutan kecil dengan satwa liar dan langka khas pulau Dewata seperti kera, elang Bali, rusa hingga babi hutan terdapat berkeliaran di sekitar danau Beratan. Juga terdapat berbagai olahraga air dan restoran sebagai sarana pendukung agar wisatawan yang kesini semakin senang dan betah.

2). Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu adalah pura yang berlokasi di pinggir danau Beratan. Menurut sejarahnya, pura Ulun Danu Beratan merupakan salah satu candi kuno peninggalan kerajaan Bali dan sudah tercatat dalam lontar Babad Mengwi, sekitar 500 tahun SM. Di sebelah kiri halaman depan pura terdapat sebuah sarkopagus dan papan batu yang berasal dari masa kerajaan Bali dengan tradisi megalitik, dipercaya sudah digunakan selama berabad – abad untuk melangsungkan kegiatan ritual agama Hindu sejak jaman megalitik, saat ini, kedua artefak ini ditempatkan di teras Pura Ulun Danu Beratan. Pura Ulun Danu Beratan sendiri terdiri dari 4 komplek pura yaitu : pura Lingga Petak, pura Penataran Pucak Mangu, pura Terate Bang dan pura Dalem Purwa, masing – masing berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan sebagai Dewa Tri Murti, untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta.

3). Kebun Raya Eka Bali. Apabila anda adalah seseorang yang gemar berpetualang di alam terbuka, maka tempat ini patut untuk dikunjungi. Suasana terasa berbeda ketika anda mulai memasuki kawasan wisata Kebun Raya Eka Bali. Terdapat jejeran pepohonan besar yang berusia tua di sepanjang jalan, lahan – lahan kosong ditutupi rumput Jepang dan beraneka tanaman hias dan pohon – pohon bunga lainnya, menyebabkan anda seperti berada di alam dongeng dimana di sekitar anda tertata rapi hutan – hutan kecil. Kebun raya ini merupakan sebuah kebun Botani di bawah pembinaan Pusat Konservasi Tumbuhan Langka, Kebun Raya Bogor. Luas kebun raya Eka Bali sekitar 157,5 ha dan mempunyai koleksi tanaman dikelompokkan berdasarkan usia, kelangkaan dan kerabatnya. Disini juga cocok anda pakai berwisata kemah bersama keluarga atau teman - teman. Hal lain yang membuat tempat ini sangat menarik adalah banyak terdapat pohon buah markisa Bali liar, ketika musim panen tiba anda dapat memetiknya sepuas hati. Berasa segar, manis dan sedikit asam. Lokasi Kebun Raya Eka Bali adalah 2 km dari danau Beratan. Di dalam area kebun, terdapat area permainan TreeTop untuk menguji adrenalin anda terhadap ketinggian.

4). Petik buah stroberi dan berkunjung ke pasar buah. Lokasi wisata Bedugul ini terletak di daerah pegunungan yaitu di balik bukit Bedugul, membuat daerah ini terkenal sebagai desa penghasil buah - buahan dan sayuran yang beragam dan dalam jumlah besar. Anda bisa membeli oleh - oleh tangan berupa buah dan sayuran segar khas Indonesia juga beberapa jenis buah impor seperti stroberi, palm hitam, anggur Australia atau blueberry. Menuju ke arah timur yaitu desa Candikuning, terdapat sebuah pasar tradisional Bali khusus menjual buah – buahan dan sayuran segar khas pulau Dewata, disamping itu terdapat ladang dan kebun buah – buahan atau sayur - sayuran dimana para pembeli atau pelancong selain membeli langsung dengan para pedagangnya, anda juga akan diantar untuk menikmati senangnya memetik sayur atau buah seperti stroberi langsung dari pohonnya.

Juga lokasi wisata Bedugul banyak terdapat perkebunan - perkebunan stroberi yang menawarkan paket wisata menarik yaitu ketika panen tiba, memetik stroberi sendiri dengan biaya yang sangat terjangkau untuk per orang atau grup tur.

Itulah empat lokasi wisata yang patut anda kunjungi ketika memiliki empat hari spesial di Bali, dan anda tidak perlu khawatir dengan akomodasi, banyak terdapat penginapan, homestay, vila, hingga hotel mewah dengan tarif bervariasi dari yang termurah sampai hotel bertaraf internasional disediakan di kawasan ini.

Sumber photo : wikipedia.org