Mencicipi Sajian Kuliner Italia Di Restoran Ubud Bali

Mencicipi Sajian Kuliner Italia Di Restoran Ubud Bali

Citarasa sajian Italia mampu membuatnya terkenal di seluruh dunia karena terletak pada kombinasi tepat dari rempah - rempah alias bumbu Italia yang menyebabkan masakan mereka berasa khas dan otentik. Dari mencium aromanya saja anda sudah tahu kalau itu adalah masakan Italia. Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, rempah - rempah yang digunakan pada masakan Italia jenisnya beragam.

Jika anda berkunjung ke pulau Bali, sangat mudah menjumpai masakan ala Italia, terdapat sebuah restoran besar bernama La Gustoso yang beralamat di jalan Monkey Forest, Ubud, Bali. La Gustoso Restaurant menyajikan banyak variasi hidangan khas Italia dan Western yang bisa anda santap saat berlibur ke Bali bersama dengan teman - teman ataupun keluarga.

Dari luar areal restoran, terlihat sebuah bangunan yang sangat megah tetapi terkesan begitu sederhana yang dihiasi dengan furniture dari bahan kayu yang dicat natural. Anda juga dapat merasakan sebuah sentuhan Bali dengan sarung merah dari bantal sofa ataupun kursi dan juga terdapat kain Bali yang melapisi beberapa tiang bambu dalam restoran menambah seru pemandangan yang tersaji. La Gustoso Restaurant dilengkapi oleh WiFi gratis, dengan air conditioning (AC), dan home delivery (layanan pesan - antar). Mereka mempersiapkan banyak menu sajian Italia yang disesuaikan dengan jam makan termasuk jam untuk snack. Menu - menu yang dimaksud diantaranya adalah Breakfast Menu, yang terbagi menjadi 3 menu set sarapan yaitu Indonesian Breakfast, Continental Breakfast, and American Breakfast. Terdapat juga menu lain seperti hidangan utama, Afternoon Tea, dan yang lainnya.

Makanan yang dijual memiliki variasi harga dari termurah hingga kelas internasional yaitu kisaran Rp. 100.000 per orang. Ada beberapa menu khusus yang wajib untuk anda coba jika berkunjung ke tempat ini diantaranya adalah Spaghetti Carbonara, Chicken Valdostana, dan juga Chicken Cacciotora.

Yang membuat sajian Italia menjadi begitu terkenal di mancanegara termasuk Indonesia adalah aneka saos (sauce) yang digunakan untuk mencampur bahan makanan. Sekedar info bagi anda pecinta kuliner Italia di pulau Dewata, di bawah ini kami berikan informasi tentang jenis – jenis saos masakan Italia, dimana diketahui bahwa saos merupakan bahan terpenting pelezat semua masakan asing karena saos inilah yang akan menentukan kelezatan dari masing – masing sajina. Bahan dasar saus biasanya terdiri dari bahan – bahan cair berupa air, kaldu, susu atau sari buah dan susu (kadang – kadang dicampur dengan yogurt). Bahan pengental biasanya dari tepung maezena, terigu atau telur. Sedangkan bumbu – bumbu yang digunakan adalah mempunyai rasa yang
khas. Secara garis besar, jenis saos terdiri dari 2 macam yaitu asin dan manis, berikut penjelasan secara lengkap :

  • Saos asin terdiri dari 3 macam saus dasar :

1). Saus Bechamel atau Hollandaise sauce memiliki warna dasar putih susu yang biasanya dibuat dari bahan campuran mentega/margarin dengan tepung dan susu. Biasa dihidangkan untuk pendamping pasta, rolade, atau masakan sayuran.

2). Saus Veloute yang berwarna jernih biasanya terbuat dari kaldu berbumbu untuk pelengkap sajian berupa sup.

3). Saus Espagnole atau Demiglace yang berwarna cokelat terbuat dari campuran mentega/margarin dengan taburan tepung terigu yang
digoreng sampai berwarna kecoklatan dan diberi kaldu
berbumbu. Biasa dihidangkan untuk teman sajian berupa daging atau unggas.

  • Saos manis.

Atau sering dikenal sebagai saos vla yang dihidangkan bersama dengan sajian penutup berupa pudding.

1). Saos Bechamel yang berwarna putih dan berasa gurih dibuat dengan cara merebus susu cair dengan api kecil, lalu masukkan mentega
dan bawang bombay cincang sambil diaduk agar tidak pecah lalu diberi garam,
lada dan pala. Setelah mendidih kentalkan lagi dengan larutan terigu dan disaring.

2). Saos Brown yang berwarna coklat dan gurih dibuat dengan bahan dasar
tulang sapi yang telah dipanggang selama 2 jam. Lalu
direbus bersama daun bawang cincang, bawang bombay, wortel dan
cengkih. Rebus sampai mendidih lalu dikentalkan dengan mencampurnya bersama tepung terigu, saring lalu ditambahkan lada dan garam.
Dihidangkan bersama dengan aneka sajian steak.

3). Mornay sauce merupakan saos yang dicampur dari kuning telur dengan krim lalu panaskan dengan api kecil, tambahkan saus Bechamel dan aduk rata, angkat. Anda bisa menaburi dengan keju parut, biasanya digunakan sebagai pencelup (dip sauce) terhadap aneka sajian sayuran yang direbus.


4). Worcestershire sauce merupakan saos khas Inggris yang terkenal dengan nama kecap Inggris. Terbuat dari campuran kecap asin, cuka molases,
cabai dan rempah – rempah khas Italia lainnya. Citarasanya gurih dan
sedikit asam serta berwarna coklat, banyak dijual dalam kemasan
botol. Digunakan untuk hidangan sup atau saus steak dan
beragam tumisan ala masakan Cina.

5). Tabasco sauce adalah saus khas Mexico yang terbuat dari cabe merah
Mexico. Nama Tabasco diambil dari nama daerah di Mexico
sebagai tempat asal rempah – rempah merica/lada. Saus ini rasanya
asam, pedas menyengat, berwarna oranye muda dan
berbentuk cair. Dijual dalam kemasan botol mungil.

6). Salsa sauce adalah saos yang terbuat dari campuran tomat merah, bawang bombay dan daging alpukat yang dipotong – potong dadu kecil, lalu dibubuhi cuka dan merica hitam sehingga menciptakan rasa baru yaitu asam dan segar. Biasa dijual dalam kemasan botol – botol cantik.

7). Alfredo sauce merupakan salah satu jenis saus putih yang banyak dipakai sebagai bahan pelengkap (dengan cara disiram) pada masakan Italia khususnya pasta.

8). Thousand Island Sauce merupakan saos yang berbahan dasar mayones, lalu dibubuhi dengan saos tomat dan saos cabai. Rasanya adalah antara paduan manis dan asam segar. Cocok buat mencampur sajian salad segar dari buah dan sayur – sayuran segar yang diberi variasi lainnya berupa keju, telur, atau daging asap. Dijual dalam kemasan – kemasan botol cantik siap pakai.

  • Saos asam manis.

Dapat diperoleh dalam toko – toko makanan dalam kemasan siap pakai pada botol – botol cantik dari kaca, tetapi anda bisa  membuatnya sendiri : sediakan 5 sdm saos tomat yang dimasak hingga kental bersama dengan 2 sdt gula pasir halus, 1 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, 100 cc air dan
dikentalkan dengan 1/2 sdt maezena yang dilarutkan dengan sedikit air.


1). Bolognese sauce. Biasa dipakai sebagai topping pizza. Terdiri dari campuran tomat dan bumbu khas Italia, banyak dijual dalam kemasan botol kaca yang menarik perhatian.

2). Nuoc Mam merupakan saos asal dari Vietnam yang berasa asin dan warnanya kecokelatan. Terbuat dari sejenis ikan laut kecil yang diolah menjadi pasta dan tepung lalu dicampur bersama dengan beragam bumbu khas negeri Vietnam, dijual dalam kemasan botol kaca pada pasar swalayan terkemuka.

3). Pasta Tahina adalah saos khas dari Timur Tengah yang bertekstur kental,
terbuat dari wijen sangrai yang dibubuhi bawang putih.
Biasa dipakai untuk campuran salad, campuran kue atau biskuit.
Dijual dalam kemasan botol di swalayan terkemuka.

4). Taco sauce merupakan saos khas Mexico yang terbuat dari campuran daging cincang, kacang merah, cabai, paprika dan tomat. Dijual dalam kemasan botol siap pakai pada swalayan – swalayan besar.

5). Teriyaki sauce merupakan saos khas Jepang yang terbuat dari kecap asin, jahe, kaldu dan mirin. Berwarna coklat kehitaman. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampur : 4 sdm kecap asin, 2 sdm gula
pasir, 1/4 sdt jahe parut, 1 sdm sake & 6 sdm mirin.

6). Hoisin sauce merupakan hasil fermentasi kacang kedelai yang dicampur dengan rempah – rempah dan cabai merah. Berwarna kuning kecokelatan, agak kental, bercita rasa pedas manis dan memiliki aroma khas. Dijual dalam kemasan botol, biasanya digunakan pada masakan Cina.

7). Plum sauce merupakan saos yang terbuat dari buah plum, gula, cuka, kecap dan rempah – rempah. Warnanya merah kecoklatan, rasanya asam
dan gurih. Banyak digunakan pada masakan Cina dan khusus dijual pada mall – mall di kota besar.

Jika anda berkunjung ke pulau Bali dan kebetulan ingin mencicipi sajian Italia yang kaya akan siraman saos, dapat mampir ke restoran tersebut di atas sebagai rekomendasi dari kami.

Sumber photo : zomato.com