Liburan Sambil Berburu Minuman Populer Dunia Di Ubud Bali Indonesia

Liburan Sambil Berburu Minuman Populer Dunia Di Ubud Bali Indonesia

Koktail merupakan minuman beralkohol yang dicampur dengan minuman atau bahan - bahan lain yang beraroma segar, manis dan keras. Sebelum disajikan dalam gelas khusus koktail, minuman ini diaduk dengan cara unik yaitu diguncang - guncang supaya semua bahan tercampur rata. Minuman beralkohol yang sering dijadikan campuran koktail adalah gin, wiski, rum, dan vodka.

Menurut Jerry Thomas dalam buku terlarisnya berjudul Bartender's Guide or How to Mix Drinks terbitan tahun 1862, bahan dasar resep koktail adalah minuman beralkohol yang dicampur dengan gula, air, dan bitters yang mengandung alkohol. Saat ini koktail biasanya dibuat dari satu jenis atau lebih minuman beralkohol ditambah perisa berupa liqueur, sari buah, gula, madu, air, es, minuman karbonasi, susu, krim susu, rempah - rempah, bitters, dan sebagainya. Sedangkan vodka sering digunakan sebagai pengganti gin dalam resep koktail tradisional yang menggunakan gin (misalnya gimlet, martini, atau Collins).

Jalan – jalan ke pulau Bali kurang seru rasanya jika anda lewati tanpa menikmati salah satu minuman populer dan favorit dunia yaitu koktail. Selain memuaskan dahaga, minuman jenis ini bisa membawa pengaruh kesegaran baru bagi si penikmat.

Masing – masing negara mempunyai minuman koktail khasnya sendiri, seperti yang kami ulas di bawah ini, ada 7 minuman koktail paling laris dan terkenal di dunia bisa anda dapatkan dengan mudah saat berlibur ke desa Ubud di Bali :

1). Mojito, Kuba.

Minuman tradisional asal Kuba sudah lama dikenal oleh masyarakat dunia sebagai salah satu minuman favorit di Amerika. Racikan aslinya pertama kali terdiri dari rum, daun mint, air berkarbonat, dan jus manis kalengan. Namun setelah mengalami perkembangan,  saat ini Mojito Kuba sudah dimodifikasi dengan penambahan buah - buahan seperti blueberry, raspberry, peach, dan delima.

2). Pisco Sour, Peru dan Chile.

Minuman koktail ini termasuk ke dalam minuman keras dan merupakan hasil penyaringan dari sari buah anggur yang khusus diproduksi di Peru dan Chile. Minuman ini dikombinasi dengan brandy, sirup, jus lemon, dan putih telur. Biasanya disajikan dalam gelas anggur ukuran kecil model dulu. Di Chile, minuman ini dicampur dengan coke dalam penyajiannya.

3). Singapore Sling, Singapura

Saat ini Singapore Sling telah banyak mengalami perubahan dari resep aslinya pada awal tahun 1900 - an. Menurut resep aslinya, minuman ini merupakan campuran antara gin, brandy ceri dan benedictine yang dikocok dengan es batu. Penyajiannya dipermanis dengan tambahan soda, grenadine, jus nanas, atau cointreau, disesuaikan dengan selera pemesannya.

4). Sangria, Spanyol dari Portugal.

Walau diumumkan bahwa minuman ini aslinya berasal dari Spanyol, tetapi pada kenyataannya minuman ini lebih populer dikalangan turis mancanegara dari Portugal daripada dikalangan penduduk aslinya. Air anggur manis berpadu dengan campuran jus buah segar adalah resep asli minuman ini. Biasanya minuman ini disajikan dalam gelas anggur ukuran besar dengan irisan buah sitrus yang mengambang pada permukaannya.

5). Sake, dari Jepang dan China.

Minuman sake erat kaitannya dengan kelompok ningrat di Jepang. Minuman berbahan dasar air beras hasil fermentasi ini sering dihidangkan dengan sajian spesial dari Jepang bernama sushi atau penganan Asia lainnya. Sake nikmat disajikan hangat maupun dingin, biasanya oleh Wanita ningrat Jepang disuguhkan dalam sakazuki (cawan kecil datar, seperti tempat saus), ochoko (cawan mungil), atau ditaruh dalam masu (kotak kayu). Sake kerap dan tepat dipakai dalam upacara adat Jepang.

6). Soju dari Korea Selatan dan Jepang.

Soju, minuman Asia lainnya juga terbuat dari air beras yang difermentasi. Minuman ini mengandung alkohol kurang dari 35%, seperti yang ditetapkan oleh peraturan pemerintah setempat pada masa itu. Menurut kebiasaan dan adat dari orang Korea Selatan asli dan Jepang, biasanya minuman ini dikonsumsi secara berkelompok atau beramai - ramai dan anda harus mengetahui aturan mainnya yaitu tidak boleh mengisi gelas anda sendiri, harus ada orang lain yang menuangkannya untuk anda nikmati. Ketika acara minum soju dimulai dari cawan anda, harus menghabiskannya sampai tetes terakhir.

7). Caipirinha, Brazil.

Minuman ini adalah minuman koktail nasional dari Brazil, merupakan kombinasi antara cachaca (sejenis rum, terbuat dari sirup sugarcane), gula dan limau. Minuman ini biasanya disajikan dalam gelas – gelas standard model dulu, beserta dengan potongan kulit jeruk dan lebih nikmat bila dicampur dengan es batu.

Restoran di Ubud yang menyediakan minuman populer dunia tersebut di atas bisa anda peroleh di bawah ini :

  • Ubud Anyar Café di jalan Suweta no. 6 Ubud, Gianyar, Bali, Ayung Restoran / RM Cahaya di jalan raya Kedewatan, Ubud, Ayu’ S Kitchen di jalan Monkey Forest, Ubud, Arma Café di jalan raya Pengosekan, Ubud,
    Bagus Café di jalan Sukma Tebesaya, Bali Buddha di jalan Jembawan Padang Tegal Kaja, Ubud.
  • Bali Café di jalan Jembawan Padang Tegal Kaja, Ubud, Balina di jalan Kajeng no. 10, Ubud, Bali Restoran di Penestan Ubud, Bambu Restoran     di jalan Dewi Sita, Ubud, Batan Waru Café di jalan Dewi Sita, Padang Tegal, Bebek Bengil Restoran I di jalan Hanoman Padang Tegal Ubud, Bebek Bengil Restoran II di jalan Wenara Wana, Ubud.

Sumber photo : wikipedia.org