Liburan Ala Backpacker Ke Kawasan Wisata Terbaik Di Ubud Bali Indonesia

Liburan Ala Backpacker Ke Kawasan Wisata Terbaik Di Ubud Bali Indonesia

Paket Wisata Bali Ubud Tours merupakan salah satu paket wisata selama beberapa hari ke desa Ubud dan sekitarnya merupakan kegiatan wisata yang sangat populer di Bali untuk mengunjungi tujuan wisata dan tempat - tempat menarik lainnya di desa Ubud.

Ubud Tours ini akan mengunjungi tempat - tempat menarik seperti menonton tarian Barong dan tari – tarian lainnya, mengunjungi desa Celuk untuk membeli atau melihat - lihat kerajinan emas dan seni perak, mengunjungi desa Batuan untuk melihat kerajinan lukisan di galeri seni, mengunjungi Pura Batuan, dan lain sebagainya bisa anda nikmati bersama sopir atau seorang tour guide selama liburan ke Bali khususnya Ubud dan sekitarnya atau berlibur ala backpacker, seorang diri jalan – jalan ke Ubud dengan bekal seadanya dalam tas ransel kesayangan anda hanya ditemani selembar peta tetapi anda tetap bisa menikmati keindahan wisata alam, seni, budaya dan kuliner Bali di sini.

Obyek wisata dan kegiatannya yang akan dikunjungi selama berlibur dapat kami gambarkan di bawah ini :

  • Pertunjukan Tari Keris dan Barong. 

Adalah dua jenis tarian Bali yang paling terkenal di mancanegara dan sudah banyak memiliki penggemar dari turis lokal dan mancanegara. Perlu diketahui bahwa tarian ini bercerita tentang pertarungan antara kebaikan dan kejahatan di dunia terhadap kehidupan semua mahluk hidup ciptaan Tuhan di dalamnya.

Perhentian pertama selama anda mengikuti perjalanan wisata ala backpacker ke desa Ubud adalah biasanya untuk menikmati pertunjukan tarian Keris dan Barong yang diadakan di pelataran atau taman pura Desa Ubud atau di Puri Ubud. Tarian ini adalah contoh klasik dari kehidupan kerajaan Bali di jaman dahulu kala, merupakan cara Bali memerankan mitologi dan legenda cerita rakyat pada jaman dulu, sehingga terbentuklah mitos dan sejarah yang dicampur menjadi satu adalah wujud nyata kecintaan masyarakat Bali terhadap seni dan budaya warisan leluhur. Tarian ini dibawakan dengan menarik oleh penari laki – laki dari Bali dan berhasil memukau banyak penonton. Karena sangat indah dalam melukiskan setiap gerakan dan pakaian yang dikenakan, maka tak heran pertunjukan tari ini wajib ditonton untuk pelengkap liburan anda di pulau Bali.

  • Desa Batuan sebagai pusat kerajinan seni lukisan Bali.

Ubud (desa Batuan) telah mengalami perkembangan budaya dari jaman dulu hingga saat ini dengan sangat pesat melalui sebuah evolusi yang luar biasa. Secara tradisional dapat dijelaskan bahwa untuk mengekspresikan ide - ide keagamaan dan mitologis, bisa dituangkan melalui lukisan khas Bali hasil karya para seniman lokal, Nusantara bahkan luar negeri terutama dari Spanyol, Jerman dan Jepang. Ubud telah mengalami sejumlah pengaruh besar dalam berkreasi, termasuk interaksi yang mendalam antara seniman lokal dengan pelukis Barat yang setiap tahun selalu datang dan tinggal di Bali untuk berkarya, belajar mengkombinasikan dua kultur yang berbeda serta mengajarkan aliran lukisan yang mereka anut. Ubud dan pulau Bali adalah tempat yang paling sempurna untuk berlabuh guna mewujudkan tujuan mereka menetap di Bali sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke Kintamani untuk mengunjungi beberapa galeri seni rupa yang menyimpan puluhan lukisan – lukisan yang sangat indah. Ubud menjadi pusat seni yang berhasil memikat para artis terkenal seperti Bonnet, Spies, Blanco, Snel, dll berkunjung ke Bali untuk berlibur sekaligus berkarya.

Hal kedua yang bisa anda lakukan selama berkunjung ke desa Batuan di Ubud adalah melakukan wisata spiritual dengan berkunjung ke sebuah pura Hindu yang bertempat di pusat desa Batuan. Desain unik dari Pura Batuan ini dirancang khusus menonjolkan arsitektur Bali kuno yang dikombinasikan dengan deain unik dari kerajaan Bali di pulau Jawa. Sehingga menghasilkan ornamen yang sangat indah dengan atap bangunan pura terbuat dari serat pohon kelapa berwarna hitam. Pura Batuan adalah salah satu pura yang menakjubkan dan wajib untuk anda kunjungi selama berlibur ke desa Ubud. Pura Batuan terletak sangat strategis di samping jalan utama dari Denpasar menuju ke Ubud.

  • Sawah Tegalalang.

Objek wisata ini berlokasi di jalan raya utama jurusan Utara – Selatan dari arah Kintamani ke Ubud. Cukup populer sebagai kawasan wisata penghasil beragam ukiran kayu berwarna cerah dengan motif bunga, hewan dan desain unik serta menarik lainnya yang dibuat langsung oleh penduduk setempat dan desa tetangga. Tempat ini sangat indah dan wajib untuk anda kunjungi. Beberapa art shop dengan gerai khas Bali banyak memajang hasil karya para seniman lokal yang ditampilkan di sepanjang jalan, dan tentu saja berlatarbelakang panorama sawah yang sangat indah dengan lekuk – lekuknya, membuat tempat ini semakin terkenal di mancanegara.

Sawah Tegalalang sangat menarik untuk anda kunjungi ketika berpetualang ala backpacker ke pulau Bali khususnya Ubud dimana di sini dapat dengan mudah anda jumpai jejeran pohon – pohon kelapa di sepanjang lembah dan sungai kecil begitu indah dan jika hari anda beruntung bertemu petani pemilik tanah, anda bisa menikmati segarnya air kelapa hijau muda yang dipetik oleh si pemilik buat para pelancong yang berkunjung ke desa mereka.

  • Ubud Monkey Forest.

Adalah objek wisata berupa sebuah hutan hujan lindung kecil yang dihuni oleh beberapa kelompok monyet Bali yang hampir punah. Tempat ini sangat mudah untuk ditemukan yaitu berlokasi di pusat desa Ubud, hanya sekitar 1 jam perjalanan dari kota Denpasar. Anda bisa mencapainya dengan mengendarai sepeda motor karena berlibur ala backpacker dengan ransel kesayangan anda adalah sesuatu yang paling disukai oleh kaula muda. Nikmati jalan – jalan ke tempat ini dengan melihat habitat monyet di alam bebas di desa Ubud.

Tempat lain yang berdekatan dengan kawasan wisata ini adalah Istana Ubud, Pasar Seni Ubud, Tegalalang Rice Terrace, Museum Lukisan dan Goa Gajah. Anda dapat melanjutkan perjalanan wisata anda ke sana.

  • Istana Puri Saren Ubud.

Merupakan rumah tua dari raja Ubud dan seluruh keluarga sejak jaman dahulu kala dan lebih dikenal dengan nama Puri Saren. Di istana ini, raja Ubud berstana bersama sang Permaisuri bahkan beberapa selir mereka dan putra – putri raja tercinta yang membuat istana ini menjadi pusat pemerintahan di era kerajaan pada masa lalu. Anda akan mengunjungi istana kerajaan Ubud yang sangat luas dan indah selama melakukan perjalanan wisata ke desa Ubud.

Istana mereka sangat indah dengan ornamen Bali begitu kuat serta didekorasi begitu indah yang membuat tempat ini semakin ideal untuk dikunjungi selama berlibur. Tempat ini sangat populer dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing yang ingin mengetahui kehidupan para raja Ubud pada jaman dahulu melalui gaya mereka menata rumah atau kediaman pribadi.

  • Desa Celuk merupakan seni kerajinan emas dan perak.

Adalah desa yang terkenal di pulau Bali sebagai salah satu tujuan wisata untuk melihat berbagai macam seni kerajinan dari emas dan perak khas desain Bali yang langsung dikerjakan oleh para seniman lokal Bali dengan beragam desain dan motif serta corak sangat menarik perhatian para remaja putri dan wanita dewasa pada umumnya, dijual dengan harga bervariasi tergantung dari kualitas perhiasan yang dihasilkan. Warga setempat sangat proaktif dan penuh inovasi di dalam menentukan bentuk dan design seni kerajinan emas dan perak. Kebanyakan dari mereka adalah para pengerajin yang berpengalaman, artistik dan terampil dalam pengembangan desain terkait dengan kerajinan perak dan emas. Anda wajib mengunjungi desa Celuk ini selama melakukan perjalanan wisata ke desa Ubud.

  • Pasar Seni desa Ubud.

Pasar seni Ubud mempunyai dua bagian utama yang harus anda kunjungi yakni bagian pertama untuk wisatawan yang berlibur ke pulau Bali dan yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari penduduk setempat. Perhentian terakhir selama seorang turis melancong ke desa Ubud dan sekitarnya di Bali adalah dengan mengunjungi pasar seni di desa Ubud. Di pasar ini banyak menjual segala macam souvenir berupa pakaian, perlengkapan rumah, benda – benda seni, rempah - rempah, kerajinan tangan, produk kecantikan, perhiasan dan lainnya. Di seberang jalan berdiri dengan megah dan anggun adalah istana kerajaan raja Ubud pertama yang dirancang dengan sangat unik dan indah terlihat berbeda dengan rumah – rumah mewah lainnya, yaitu lebih menonjolkan arsitektur tradisional dimana di dalamnya hidup keluarga raja Ubud yang masyur dan bijaksana.

Kegiatan / adventure yang bisa anda ikuti setelah menyelesaikan keliling kawasan wisata tersebut di atas adalah :

  •  Ayung rafting.

Apakah anda ingin mencobanya ? Para pelancong yang memiliki jiwa petualang dan menyukai olahraga air jika liburan ke Bali, harus mencoba kegiatan Bali rafting. Rafting adalah salah satu olahraga air atau Bali water sport dengan menaiki perahu karet dan mengarungi derasnya air sungai Ayung di Ubud, Bali.

Kegiatan rafting di Bali dapat dilakukan dibeberapa sungai seperti sungai Telaga Waja atau lebih terkenal dengan nama rafting Telaga Waja dan sungai Ayung di desa Payangan Ubud Bali, seperti yang anda tahu bahwa Ubud adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Bali. Untuk menuju ke tempat ini anda harus menempuh waktu 1 jam dari bandara internasional Ngurah Rai di Denpasar Bali, melewati obyek wisata Kuta, objek wisata Sanur dan kota Denpasar.

Para peserta akan mendapatkan pengarahan dari instruktur yang sudah terlatih dan berpengalaman ketika mereka tiba tempat starting point rafting di sungai Ayung.  Misalnya pengenalan alat - alat yang digunakan seperti jaket pelampung, dayung, perahu karet, posisi duduk di atas perahu, cara penyelamatkan diri jika perahu terbalik, dan hal - hal lainnya yang berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan peserta.

Masing  -masing boat menampung 4 orang peserta ditambah 1 orang instruktur. Selama kurang lebih 2 jam mereka akan mencoba mengarungi derasnya sungai Ayung yang menempuh jarak kurang lebih 12 km. Dalam perjalanan tersebut, peserta dapat menikmati jeram - jeram sungai Ayung dan berfoto - foto di bebatuan pinggir sungai yang latar belakangnya penuh oleh tebing batu cadas dengan ukir - ukiran sepanjang ratusan meter yang mencerminkan kreatifitas seni cukup tinggi dari orang Bali sehingga menjadi ciri khas kedua dari obyek wisata rafting di sungai Ayung. Anak – anak pun boleh mencoba Ayung Rafting dan jangan khawatir karena airnya tidak terlalu deras dan jeramnya tidak menukik. Tetapi harus tetap ditemani oleh orang tua masing - masing.

  • Wisata kuliner, mencicipi teh ala Biku Café.

Apakah anda pernah mencoba teh bernama Masala Chai ? Di Biku Café Ubud menyediakan teh dalam 30 varian rasa. Agar acara ngeteh anda semakin asyik dinikmati bersama keluarga tercinta maka mereka menyajikan upacara minum teh bersama kue - kue coklat mint manis yang bisa ditambah dengan saos krim vanilla. Rasanya benar - benar lezat. Nikmati sore spesial anda dengan teh di Biku Cafe. Tempat ini berlokasi di luar desa Ubud yaitu jalan raya Petitenget, Bali.

Cara penyajian teh di sini cukup unik yaitu untuk teh hangat, anda akan diberikan satu nampan yang berisi satu set lengkap, terdiri dari satu poci, cangkir, gula pasir halus, dan saringan kecil. Kalau anda ingin mencoba teh Macala Chai, anda akan merasakan sensasi spicy dan gurih, yang dipadukan dengan rempah - rempah dari India beserta gula pasir dari luar negeri. Sajian teh ada dua jenis yaitu pahit dan manis. Meski anda tak menggunakan gula, rasa dari setiap teh yang disajikan tetap nikmat. Fasilitas lain yang tersedia adalah pelayanan khusus bernama Mystical High Tea. Jika anda memesan menu ini, akan disertai ramalan nasib keberuntungan dan jodoh sambil minum teh dan pelengkapnya. Ramalan menggunakan kartu tarot dan layanan ini hanya dibuka mulai pukul 13.00 - 17.00 WITA. Ditambah dengan iringan musik dari jenis easy listening. Dijamin waktu santai anda menjadi semakin segar. Acara musik tradisional digelar setiap hari Minggu. Pagelaran ini akan dimulai pada pukul 17.00 - 20.00 WITA. Biku Cafe buka setiap hari pukul 08.00 - 23.00 WITA.

Nikmati sore spesial anda dengan teh di Biku Cafe. Tempat ini berlokasi di luar desa Ubud yaitu jalan raya Petitenget no. 888, Kerobokan, Denpasar, Bali.

Nikmati waktu libur anda dengan duduk ngeteh bersama yang terkasih di dalam ruangan antik milik Biku Cafe. Selamat minum teh !

  • Wisata kuliner, mencicipi Bebek Bengil di Ubud.

Jika ingin mencoba kuliner khas Bali yang bersifat berat, anda harus mencicipi menu bebek yang banyak disuguhkan di restoran – restoran mewah pinggir sawah desa Ubud. Restoran ini mengusung konsep wisata alam berpadu dengan wisata kuliner khas pulau Dewata. Yang paling terkenal dengan panorama alam berupa pemandangan sawah ada di jalan Goa Gajah, Peliatan, Ubud. Restoran ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Mereka semua datang dengan satu tujuan yaitu ingin mencicipi crispy atau grilled duck yang merupakan menu andalan di restoran bengil Ubud. Setengah ekor bebek disajikan dengan sambal khas masakan Bali ditambah dengan sayuran, porsinya ideal untuk menu makan siang. Selain bebek, anda bisa memilih menu yang lain seperti sate lilit ikan laut, ayam goreng, sop ikan laut pedas dan grilled cock fighting (ayam bakar bumbu Bali yang sangat pedas dan gurih).

Seusai makan siang, anda dapat melanjutkan kegiatan seperti menonton pertunjukan tari Bali tersebut di atas hingga menunggu waktunya dessert atau makanan penutup. Kunjungilah Melting Wok, sebuah resto - cafe mungil di jalan Goutama Ubud, anda akan disuguhkan pada menu dessert pilihan. Salah satunya yang paling enak dan menjadi dessert khas di café ini adalah Creme Caramel (puding karamel dengan kuah coconut milk) atau Karamel bercampur cinnamon akan menggoyang lidah anda dengan rasanya yang nikmat.

 Banyak wisatawan berpendapat bahwa ketika mereka berkunjung ke Bali wajib menyantap Bebek Bengil Bali. Pendapat ini sangat tepat. Karena bisa dibilang bahwa makanan inilah yang menjadi ciri khas wisata kuliner di Ubud. Dan anda pun harus menikmatinya. Restoran yang menjual menu andalan dari daging bebek adalah restoran di sepanjang jalan raya Hanoman, Padang Tegal, Ubud, tak jauh dari lokasi Monkey Forest Ubud, 25 km dari kota Denpasar. 

Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1990 dan menjadi destinasi wisata kuliner favorit dunia. Menu utamanya tentu saja bebek bengil yang dalam bahasa Indonesia mengandung makna bebek sangat kotor atau dirty duck (dalam bahasa Inggris). Disebut demikian  mungkin karena jenis bebek yang dimasak adalah bebek yang dikembangbiakkan pada kandang – kandang yang berkubang air kotor seperti lumpur atau sawah. Tapi anda jangan khawatir, karena sebelum dimasak tentunya daging bebek tersebut sudah dicuci bersih dan melalui tehnik memasak yang professional.

Sore hari jangan lupa jalan – jalan ke Alaya Ubud Bali untuk menikmati acara tea afternoon bersama teman – teman atau keluarga tercinta. Liburan anda akan semakin nikmat dengan suguhan teh dan buah – buahan segar.

Tak jauh dari café tea Alaya Ubud, anda dapat menginap di sebuah hotel yang menawarkan sensasi menginap di tengah sawah yang begitu damai dan mempesona, adalah Alaya Resort Ubud yang terletak di jantung Ubud, pusat kebudayaan Bali. Kamar - kamarnya ditata dengan apik plus kolam renang outdoor.

Sumber photo : wikipedia.org