Berwisata ke Tampak Siring Gianyar Bali Indonesia

Berwisata ke Tampak Siring Gianyar Bali Indonesia

Tampak Siring adalah nama sebuah kecamatan yang berlokasi di kabupaten Gianyar, memiliki luas area sebesar 42,63 kilometer persegi. Jika anda berangkat dari bandara airport Ngurah Rai Denpasar, maka anda membutuhkan waktu sekitar satu jam lima belas menit untuk mencapai lokasi dengan mengendarai mobil atau traveler ala backpacker dengan menumpang kendaraan umum dan naik sepeda motor saja. Tampak Siring dikalangan para wisatawan lebih dikenal dengan nama Pura Tirta Empul.

  • Sejarah Pura Tampak Siring atau Pura Tirta Empul.

Nama Tampak Siring berasal dari dua kata yaitu Tampak yang berarti telapak dan Siring berarti miring. Untuk mengetahui makna keseluruhan dari kata Tampak Siring, sebaiknya simak sejarah terbentuknya Pura Tampak Siring.

Menurut Usana Bali, salah satu lontar yang banyak menceritakan tentang sejarah terbentuknya Pura Tampak Siring Bali. Telapak yang muncul dalam beberapa tempat strategis di kawasan wisata ini diceritakan sebagai telapak dari seorang raja yang bernama Mayadenawa.

Mayadenawa diceritakan adalah seorang raja sakti tetapi mempunyai sifat yang sangat jahat dan beranggapan bahwa dirinya adalah seorang dewa. Karena bersifat jahat inilah maka Dewa Indra mengirim pasukan untuk menghancurkan Mayadenawa. Mayadenawa akhirnya kalah perang melawan Dewa Indra lalu melarikan diri ke tengah hutan. Untuk menghilangkan jejak para pencari, Mayadenawa berjalan dengan cara sangat aneh yaitu memiringkan kakinya menuju ke tengah hutan. Meskipun sudah melakukan cara ini, tapi usaha raja Mayadenawa selalu gagal untuk melarikan diri. Sebelum berhasil ditangkap oleh pasukan Dewa Indra, Mayadenawa menciptakan mata air beracun yang ternyata berhasil membunuh sebagian dari pasukan Dewa Indra dalam usahanya mengejar Mayadenawa. Sebagai penangkal mata air beracun yang dibuat oleh raja Mayadenawa, dengan kekuatan mantranya, Dewa Indra mengubah mata air beracun menjadi sumber mata air menyehatkan bagi seluruh warga yang tinggal di kerajaan tua Mayadenawa bernama Tirta Empul (air suci), dan mata air ini mampu bertahan hingga saat ini, dimana para sesepuh desa adat Tampak Siring mendirikan sebuah Pura di sekitar mata air yang disebut dengan nama Pura Tirta Empul. Sedangkan kawasan hutan liar yang sempat digunakan oleh raja Mayadenawa untuk melarikan diri ditandai dengan adanya posisi telapak kaki manusia yang miring hingga saat ini belum bisa dihilangkan dan akhirnya menjadi kawasan wisata Tampak Siring yang kerap dikunjungi oleh wisatawan asing terutama dari Jepang.

Objek wisata Tirta Empul tepatnya berlokasi di desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar. Pada kawasan ini selain terdapat hutan lindung tempat hidupnya satwa liar yang dilindungi karena mengalami kepunahan dan Pura Tampak Siring dengan arsitekturnya sangat indah dan cenderung mempertahankan kondisi awal pura tersebut didirikan pada jaman dahulu, juga dibangun sebuah pemandian untuk putri keraton yang membantu pasukan Dewa Indra dalam melawan kejahatan yang dilakukan oleh raja Mayadenawa pada jaman dulu, tempatnya di atas berdekatan dengan areal bukit sebelah kiri pura, juga dibangun Istana Presiden RI yang pertama setelah Indonesia merdeka.

Pada hari – hari tertentu dimana bagus buat umat Hindu di Bali untuk melakukan persembahyangan, Pura Tampak Siring kerap dijadikan sebagai objek wisata dan target kunjungan untuk perjalanan tour spiritual sekaligus mengunjungi tempat pemandian suci yang disakralkan oleh warga Hindu setempat.

Setelah acara tersebut di atas, anda bisa mengunjungi istana kepresidenan merupakan satu - satunya istana presiden yang dibangun setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, hingga saat ini istana ini terlihat selalu bersih serta terjaga dan terawatt dengan sangat baik,  sedangkan lima istana presiden RI yang pertama dibangun sejak jaman kolonialisme Belanda yaitu berlokasi di luar Gianyar yaitu kabupaten Bangli berdekatan dengan kawasan wisata Kintamani. Namun istana presiden ini tertutup untuk umum karena digunakan sebagai tempat beristirahat bagi keluarga presiden.

Pura Tampak Siring tercatat sebagai salah satu situs peninggalan sejarah, hingga kini masih terus berkembang tetapi warga setempat tetap mempertahankan nilai – nilai lama sehingga hal inilah yang membuat kawasan wisata ini menarik perhatian wisatawan asing yang berkunjung ke sana. Bagi pelancong yang ingin merasakan kesegaran air di pemandian Taman Tirta Tampaksiring, anda bisa berendam di kolam renang Tirta Empul sekalian untuk memohon penglukatan / penyucian diri asalkan mengenakan busana yang sopan. Melukat di sini memiliki makna bahwa selain rohani dibersihkan dengan melakukan persembahyangan di dalam pura juga jasmani wajib disegarkan sehingga anda bisa menjaga keseimbangan antara jasmani dan rohani tetap dalam kondisi fit, jika anda percaya bahwa dengan berendam di dalam kolam pemandian Taman Tirta Tampaksiring memiliki kekuatan magis dari sisi spiritual, maka berendamlah dan rasakan siraman - siraman air pancuran yang mengalir segar membasahi tubuh dan kepala anda selama beberapa menit. Wisata spiritual juga bisa dilakukan oleh umat non Hindu, dimana anda bisa melakukan penyucian diri asalkan memperhatikan syarat - syarat dan ketentuan yang berlaku, anda akan merasakan sentuhan wisata rohani yang ampuh buat menjaga keselarasan alam pikiran / rohani dan jasmani, apalagi didukung oleh suasana tempat yang tenang dan damai, yaitu sebuah pura dihulu dan di sekitarnya terdapat tempat permandian umum, merupakan media yang tepat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani anda.

Untuk melakukan kunjungan wisata sebaiknya hindari pada hari raya suci bagi warga Hindu karena tempat ini akan ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin melukat dan sembahyang. Para wisatawan asing mendapat kesempatan untuk merasakan segarnya mata air alami yang disucikan dan keindahan pura serta pesona alam lainnya pada hari – hari lainnya dimana kawasan wisata sepi oleh pengunjung lokal. Jangan lupa, agar liburan anda lebih terarah, maka anda bisa ikut paket full day Kintamani - Tampaksiring Tour  dalam paket tour yang disediakan oleh jasa tour & travel di Bali.

Sumber photo : wikipedia.org