Belajar Memasak Nasi Campur Ayam Kedewatan Ubud Bali Indonesia

Belajar Memasak Nasi Campur Ayam Kedewatan Ubud Bali Indonesia

Ketika anda dan teman – teman sedang berdiskusi tentang pusat seni dan budaya di pulau Bali maka akan terbesit dalam benak anda adalah sebuah kondisi dimana  tercipta suasana yang nyaman, maka semua sepakat bahwa anda akan diarahkan ke objek wisata favorit di desa ini.

Ubud terletak di kabupaten Gianyar, Bali, dimana tempat ini menawarkan berbagai keindahan alam, pentas seni dan budaya, serta hasil kerajinan masyarakat Bali asli yang terkenal sangat eksotis.

Dengan lingkungan yang masih alami, desa adat ini merupakan daerah sumber inspirasi bagi para seniman lokal dan dunia, termasuk seniman luar negeri yang sudah mempunyai nama tenar, terutama seniman Eropa dan Jepang. Berada di antara sawah, hutan, dan jurang - jurang serta bukit dan gunung yang membuat alamnya semakin menarik untuk anda nikmati, Ubud dikenal sebagai tempat dimana seni dan budaya Bali tumbuh dan berkembang sangat cepat serta terjaga dengan baik menurut adat – istiadat Bali. Denyut nadi kehidupan dari masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kesenian. Di sini terdapat galeri - galeri seni hingga arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malamnya secara bergantian di berbagai penjuru desa dan selalu ramai oleh penonton yang kebanyakan adalah turis asing.

Cara terbaik untuk menyelami tradisi dan budaya Bali sekaligus belajar cara memahaminya adalah melebur dengan penduduk setempat dan melihat keseharian mereka hidup. Di Ubud, anda bisa mengunjungi pura dan desa yang relatif tidak banyak berubah selama bertahun – tahun sejak jaman dahulu kala dimana kenangan masa – masa kejayaan suasana kerajaan Hindu di Jawa masih berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat di Bali yang mitos dan legendanya sulit dihilangkan hingga saat ini. Wujud nyata adalah dengan mempelajari wisata kuliner Bali.

Salah satu masakan khas Bali yang cukup populer dikalangan para wisatawan asing terutama turis Jepang adalah ayam betutu merupakan salah satu nama makanan yang terbuat dari bahan dasar daging ayam yang utuh tanpa dipotong - potong. Jenis makanan ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang diatas bara api dengan tehnik Bali yang dibaluri dengan bumbu khas masakan Bali sehingga menjadikan ayam bakar ini berasa lezat, gurih, pedas dan sangat harum. Itulah sebabnya ayam betutu banyak disukai oleh semua orang termasuk turis mancanegara, karena rasanya yang enak dan bau harum dari rempah – rempah yang membalur daging pada saat dibakar.

Saat ini ayam bakar betutu sudah sangat populer dan tersebar luas hampir di setiap daerah terutama di pulau Bali. Masakan ini akan terasa lebih nikmat disantap pada saat sekelompok keluarga usai melakukan upacara adat keagamaan di Merajan (tempat bersembahyang umat Hindu dalam satu keluarga kecil). Pada hari – hari biasa, ayam bakar betutu banyak tersedia di restoran atau warung makan tradisional. Apabila anda berkunjung ke pulau Bali, pasti akan banyak menemukan jenis makanan ini dan anda harus mencicipinya.

Tetapi jika anda tidak sempat melakukan wisata kuliner di luar hotel karena terlalu sibuk dengan kegiatan paket tour yang sudah anda pesan dari jasa penyedia, maka tak ada salahnya jika anda bertanya kepada pemiliki warung makan, bagaimana cara membuat ayam bakar betutu khas Bali, dirangkum dari berbagai sumber, kami berikan cara termudah seperti tersebut di bawah ini :

Bahan – bahan yang harus disediakan adalah :

  • 1 ekor ayam kampung utuh yang sudah dibersihkan
  • 60 gr daun singkong ( rebus lalu dipotong - potong )
  • 4 sendok makan minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 butir kemiri
  • 1/4 sendok teh pala
  • 3 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 3 cm kencur
  • 1 cm lengkuas
  • 3 buah cabe merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 10 buah cabe rawit
  • 2 buah batang serai ( iris tipis terlebih dahulu )
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok makan terasi
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus secukupnya

Cara membuat ayam bakar betutu khas Bali adalah :

  1. Campur semua bumbu yang dihaluskan dengan minyak, aduk sampai rata.
  2. Oleskan sebagian bumbu halus keseluruh tubuh ayam yangsudah dibersihkan.
  3. Sebagian bumbu lagi dicampur dengan daun singkong yang sudah direbus, aduk rata.
  4. Kemudian masukkan daun singkong yang sudah dibumbui ke dalam perut ayam.
  5. Bungkus ayam dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang.
  6. Buka daun singkong lalu bakar ayam di atas bara sampai berwarna kuning kecoklatan dan mengeluarkan bau harum.
  7. Sajikan ayam bakar betutu di atas piring saji dengan nasi hangat dan tambahan menu lainnya seperti sambal, kacang tanah goreng, dan irisan mentimun segar.

Itulah resep sederhana yang bisa kami berikan untuk anda praktekkan di rumah bersama keluarga tercinta. Rasanya persis sama seperti sepiring nasi ayam Kedewatan Ibu Mangku di Ubud yang berlokasi di jalan raya Kedewatan II no. 18 Ubud, Gianyar, Bali 80571, Indonesia.

Pilihan lain tersedia di jalan Monkey Forest dan jalan Hanoman, Ubud, dimana anda juga dengan mudah menemukan berbagai pilihan menu terlezat di dunia dari restoran yang menyajikan menu – menu jenis Western Food sampai makanan khas Bali. Pilihan resto di Ubud sangat banyak, dari kelas warung sampai restoran di resor – resor yang mewah dengan memiliki masing - masing daya tariknya tersendiri.

Sumber photo : baliskytour.wordpress.com